Minggu, 03 Mei 2020

Tugas Filsafat Islam 27 April 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Kediaman Aselih Asmawi (62) menjadi sasaran amuk sekelompok remaja di lingkungan rumahnya, di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Rumah Aselih diamuk setelah anaknya melaporkan lewat Twitter soal shalat tarawih yang masih dilaksanakan di Masjid Al-Wastiyah.

Di dalam unggahannya, sang anak meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menindak kegiatan salat Tarawih yang digelar saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Aselih mengaku memang ikut dalam shalat tarawih di masjid dekat rumahnya itu. Meski demikian, dia juga memaklumi tindakan sang anak.

"Saya enggak menyalahkan anak saya, karena sebelumnya dia sudah minta agar saya enggak shalat di Masjid dulu. Karena takut kena Corona, apalagi saya sudah tua," kata Aselih di Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (27/4/2020).

Kesimpulan Berita:
Kesimpulannya adalah, ada salah satu warga yang melaporkan kegiatan ibadah tarawih di wilayah Jakarta Timur.
Dia mengadukan kegiatan ini melalui twitter dengan menandai akun gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan meminta untuk menindaklanjuti kegiatan shalat tarawih berjamaah yang dilarang pada situasi PSBB seperti saat ini, namun unggahan itu memicu emosi warga sekitar dan membuat warga beramai-ramai menghancurkan rumah pelapor.
Komentar :
Sangat amat disayangkan apa yang telah dilakukan oleh warga yang merusak rumah pelapor, selain mereka tidak mengindahkan perintah Rasulullah untuk beribadah di rumah pada saat wabah melanda, namun juga mereka telah merusak apa yang bukan milik dan hak mereka, mereka membuat kekacauan dan merusak ketenangan orang lain.
Rasulullah berkata:
 “Orang muslim yang benar imannya adalah mereka yang mampu membuat orang lain aman dari gangguan tangannya dan gangguan lisannya,” (HR. Muslim).
Orang yang merusak lingkungan sosial amat dibenci oleh Allah SWT. karena dapat menggangu stabilitas kehidupan manusia sendiri.
“Dan berbuat baiklah kepada orang lain sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash:77).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar