Minggu, 17 Mei 2020

TUGAS FILSAFAT ISLAM 4 MEI

Kupastuntas.co, Way Kanan - Polemik penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tidak tepat sasaran terus bermunculan. Penyaluran bantuan dari Kementerian Sosial itu dinilai tidak menyentuh orang miskin, sebab masih banyak warga miskin yang tidak tersentuh bantuan PKH dimana warga yang benar-benar miskin jauh harapan untuk mendapatkan bantuan PKH.

Menanggapi hal tersebut Koordinator PKH Kabupaten Way Kanan Febri. SH, mengaku sudah menerima pengaduan warga di beberapa kampung/kelurahan di 14 Kecamatan Kabupaten Way Kanan yang menilai bantuan PKH tidak tepat sasaran di tahap pertama.

“Iya memang ada pengaduan dari warga yang menilai penerima bantuan PKH tidak tepat sasaran. Sebenarnya adanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah dinilai mampu namun masih tetap menerima bantuan PKH tidak bisa diartikan secara langsung bahwa bantuan PKH itu sendiri tidak tepat sasaran. Polemik ini, harus dikaji ulang dari awal pendataan penerima bantuan PKH saat ini terdapat KPM penerima PKH yang dinilai sudah kaya, namun itu menjadi baro meter keberhasilan PKH untuk memberantas kemiskinian", ujar Febri.
Kesimpulan Berita :
Banyak warga mampu yang terdaftar sebagai warga penerima bantuan, sedangkan warga kurang dan tidak mampu, tidak sama sekali mendapatkan haknya.
Komentar :
Saya fikir mereka yang masih mampu namun tetap menerima bantuan dengan senang hati dan tidak pernah memikirkan orang lain adalah orang yang sangat hina, sebab mereka tidak mengindahkan pepatah dalam Islam "tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah", artinya adalah, memberi lebih baik daripada menerima, ditambah menerima hal yang bukan milik kita, ketahuilah itu akan merusak badan, sebab apa yang kita makan jika tidak halal mampu membuat kerusakan pada sistem kerja tubuh kita.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ

 “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil” (QS. An Nisaa’: 29).
Wallahu'alam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar